Diputus Bebas, ZAM Masih Ditahan

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Advokat Sugeng Teguh Santoso yang juga menjabat Ketua Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Jaksa Agung DR. H.ST. Burhanudin SH, MH menegur Kajati Kalimantan Timur Habry Setiyono, S.H.,M.H. dan Kajari Balik Papan Slamet Riyanto, S.H., M.H.  yang lambat melaksanakan eksekusi putusan perkara pidana No 242 /pid /PT .SMR tanggal 11 januari 2024 yang amarnya salah satunya isinya memerintahkan mengeluarkan Terdakwa H. Zainal Muttaqin dari Rutan Balikpapan.

Keterlambatan eksekusi putusan tersebut adalah pelanggaran HAM bagi H. Zainal Muttaqin yang dalam putusan pidana itu juga dinyatakan direhabilitasi nama baiknya. Sebelum diputus lepas dari tuntutan hukum (onslag vanrecht vervolging), H. Zainal Muttaqin dituntut 4 tahun 6 bulan oleh JPU dalam persidangan di PN Balik Papan dalam perkara pidana No. 481/Pid.B/2023/Pn.Bpp yang kemudian diputus terbukti bersalah dan dipidana selama 18 bulan oleh majelis Hakim. Atas putusan tersebut H. Zainal Muttaqin mengajukan Banding.

Read More
banner 300x250

H. Zainal Muttaqin adalah mantan Direksi PT Jawa Pos yang telah mengabdi di Jawa Pos dan telah membangun jaringan media Jawa Pos selama kurang lebih 28 Tahun di bawah kepemimpinan Dahlan Iskan. Akan tetapi menjelang hari tuanya dikriminalisasi oleh PT DM yang semula mayoritas sahamnya dimiliki oleh DAHLAN ISKAN. Pengabdian yang panjang dibalas dengan kriminalisasi.

Sebagai Advokat dari H. Zainal Muttaqin, Sugeng Teguh Santoso mengingatkan bahwa keterlambatan pengeluaran 1 haripun bagi H. Zainal Muttaqin akan menimbulkan kerugian immaterial karena terhambatnya kebebasan. Sebagai subyek hukum merdeka yang telah dinyatakan lepas dari tuntutan hukum (onslag vanrecht vervolging) sebagimana putusan majelis hakim No 242 /pid /PT .SMR tanggal 11 januari 2024.

Onslag Vanrecht Vervolging

Perkara atas nama H. Zainal Muttaqin bermula dari dituduhnya H. Zainal Muttaqin menggelapkan sertifikat tanah atas nama H. Zainal Muttaqin (dirinya sendiri) yang dikuasai oleh H. Zainal Muttaqin dan tidak pernah  dialihkan kepada pihak  ketiga lainnya. Tuduhan yang sangat tidak logis. Tuduhan itu dilontarkan oleh Dirut PT DUTA MANUNTUNG sdr. Ivan Firdaus yang diduga diperintah oleh pemegang saham PT. Duta Manuntung. Atas tuduhan yang telah dinyatakan tidak benar ini dengan putusan lepas dari segala tuntutan hukum (onslag vanrecht vervolging) tersebut Sugeng Teguh Santoso mereserve hak kliennya untuk mengajukan tuntutan dan akan mengajukan tuntutan hukum baik melalui proses Pidana terhadap direksi PT Duta Manuntung dan semua pihak yang telah mengkriminalisasinya serta tuntutan ganti kerugian, untuk memulihkan kerugian material dan immaterial yang dialaminya.

Selain itu dalam proses pidana di pengadilan telah ditemukan juga adanya fakta surat palsu yang dibuat dan digunakan sebagai salah satu alat bukti surat oleh pimpinan RUPS PT DM pada tanggal 13 Maret 2020 yang mana atas dugaan pemalsuan tersebut telah diadukan ke Polda Kaltim yang saat ini dalam proses penyelidikan

Sugeng Teguh Santoso juga mengapresiasi putusan majelis hakim Pengadilan tinggi Samarinda dalam perkara No 242 /pid /PT .SMR tanggal 11 Januari 2024 yang memberikan keadilan bagi H. Zainal Muttaqin yang telah dikriminalisasi oleh PT Duta Manuntung dan telah mengalami penahanan selama 146 hari. Atas semua pelanggaran hak dan kebebasan dirinya H. Zainal Muttaqin mempertimbangkan mengajukan gugatan hukum.

Salam Hormat

Kuasa Hukum H. Zainal Muttaqin

Sugeng Teguh Santoso
Advokat
08158931782

Sugeng Teguh Santoso

Artikel ini sudah terbit di govnews-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *