Wujudkan Ketahanan Pangan: Babinsa Koramil 1710-02/Timika, Intensif Dampingi Petani Binaan

banner 468x60

TIMIKA, jurnal-ina.com  Babinsa Koramil 1710-02/Timika dipimpin Sertu Tumpak Marpaung melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) sekaligus pendampingan kepada salah satu petani binaan Bapak Tukimin di Kelurahan Kamoro, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Minggu (5/11/2023).

Komsos tersebut sebagai bentuk peran serta Babinsa untuk mendukung program ketahanan pangan pemerintah yang dilaksanakan melalui fungsi pendampingan, membantu langsung dan memberikan motivasi maupun saran masukan.

Read More
banner 300x250

Pada kesempatan itu Sertu Marpaung menjelaskan kepada Bapak Tukimin sesuai pengetahuan yang dia dapat pada saat pelatihan bersama dinas pertanian, di antaranya pemberian pupuk untuk menunjang pertumbuhan tanaman sangatlah perlu. Namun harus memperhatikan kondisi tanah kebun juga, agar kebutuhan pupuk terserap oleh tanamanan secara optimal.

“Pertumbuhan Tanaman”

“Setelah turun hujan sangat pas untuk dilakukan pemupukan guna mendukung pertumbuhan tanaman. Karena dengan tanah yang cukup lembab akan lebih memaksimalkan penyerapan pupuk, pemberian pupuk kali pertama. Tidak boleh terlalu over, takaran yang diberikan harus secukupnya saja, katanya.

Ditambahkan bahwa pendampingan kepada para petani binaan harus terus aktif dilakukan, hal ini dimaksudkan guna mewujudkan peningkatan hasil panen untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat serta mewujudkan ketahanan pangan wilayah.

Sementara itu Bapak Tukimin selaku pemilik kebun mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah menyempatkan diri membantu serta mendampingi para petani. Dia berharap kebersamaan seperti ini akan terus terjalin.

 Pen Kodim 1710/Mimika – Mion Efendy

Komsos sekaligus mendampingi petani binaan Bapak Tukimin, dilakukan Babinsa Koramil 1710-02/Timika. Foto: Pen Kodim 1710/Mimika.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *