Ronny Tanuwijaya: Garuda Muda Menang Atas Korsel U-23 Cukup Terbuka

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Laga berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat dinihari WIB, 26 April 2024 pukul 00.30 WIB.

Timnas Indonesia U-23 lolos ke perempatfinal setelah menjadi runner up Grup A. Skuad asuhan Shin Tae-yong (Korea Selatan) dua kali menang (melawan Australia dan Yordania) dan sekali kalah melawan Qatar selama fase grup.

Sementara Timnas Korea Selatan U-23 lolos ke delapan besar sebagai juara Grup A. Skuad asuhan Hwang Sun-hong lolos sebagai juara Grup B dengan kemenangan sempurna. Timnas Korea Selatan mengalahkan China, Uni Emirates Arab, dan Jepang selama tampil di babak penyisihan grup.

Pengamat sepakbola Ronny Tanuwijaya menilai peluang Garuda Muda menang atas Korsel U-23 cukup terbuka, meski negara tersebut punya nama besar di sepakbola dunia. “Banyak pemain Indonesia U-23 yang main di senior, mereka sudah teruji secara mental dan permainan lebih bagus dari Korsel secara unit tim,” ujarnya di Jakarta (24/4/2024).

“Kabar bisa dimainkannya Nathan Tjoe-a-On cukup menggembirakan. Saya apresiasi kerja Ketua Umum Erick Thohir terbukti memiliki jaringan kuat International, bagus buat sepakbola kita khususnya kemajuan Timnas,” tambahnya.

Mengijinkan Nathan

Kabar itu disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Klub SC Heerenveen mengijinkan Nathan memperkuat Timnas hingga usainya Piala Asia U-23.

Sosok pengamat sepakbola yang akrab disapa Rotan itu percaya kalau pelatih Shin Tae-yong sudah menyiapkan strategi khusus melawan Korsel U-23. “Saya percaya taktik STY, harapannya disiapkan pemain pelapis yang tepat untuk pergantian pemain,” kata Rotan.

Rotan yang juga mantan manajer Persebaya tersebut berharap pelatih menyiapkan pemain sampai kemungkinan adu pinalti. “Babak perempatfinal perlu disiapkan jika sampai adu pinalti. Tapi saya optimis karena pemain kita sudah matang bersama di tim senior,” ungkapnya.

Anto

Ronny Tanuwijaya (kanan) saat bersama Gibran Rakabuming Raka. Foto: Anto.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *