BPK Penabur Gelar BSCF 2024, Jaring Tim Ikuti International Choir Festival

banner 468x60

TANGERANG SELATAN, jurnal-ina.com – BPK Penabur Jakarta, lembaga pendidikan Kristen di Indonesia, kembali menggelar ajang BEST Student Choir Festival (BSCF) 2024 bagi peserta didiknya, untuk mengukur kemampuan peserta agar siap berlaga di ajang paduan suara Penabur International Choir Festival (PICF) pada September mendatang.

“Keterampilan 4C diasah dalam BSCF 2024. Tidak hanya menyanyi, para peserta dilatih untuk fokus dan cerdas mengikuti arahan koreografi pelatih, membangun komunikasi dan kerjasama yang baik untuk menciptakan paduan suara dengan gerakan yang indah,” ujar Kenny Lim, Ketua BPK Penabur Jakarta.

BSCF 2024 digelar pada 18-20 April 2024 di Aula SMAK Penabur Gading Serpong di Jalan Kelapa Gading Barat, Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Mengusung tema “Berpadu Suara, Bersatu Hati Membangun Karakter Anak Negeri”. Ratusan peserta didik dari jenjang TK, SD, SMP dan SLTA, juga SPK yang tergabung dalam tim paduan suara berbondong-bondong berkompetisi dalam ajang tersebut.

Paduan Suara Kelas Dunia

Agustinus Bambang Jusana, pelatih paduan suara ternama di Indonesia, didapuk sebagai art director di ajang BSCF 2024. Beliau telah memiliki berbagai pengalaman sebagai artistic director dan juri di kompetisi nasional maupun internasional.

“Pada kompetisi kali ini lagu-lagu yang dipilih tingkat kesulitannya disesuaikan dengan jenjang usia, sehingga peserta dapat memaksimalkan penampilan mereka. Harapannya tentu untuk menemukan yang paling siap melaju di PICF 2024. Siap dengan latihan yang proporsional, disiplin meningkatkan kemampuan dan repertoire, jam terbang, serta sudah tahu harus mengeskalasi persiapannya sehingga “tahan banting” untuk bersaing dengan paduan suara kelas dunia,” tutur Agustinus.

Guna mempersiapkan diri berkompetisi tentu tidak selalu mulus, ada saja tantangan yang ditemukan, “Biasanya saat berlatih ada nada-nada yang susah, untuk itu perlu menolong teman yang kesulitan. Pelatih juga turut membantu dan tegas dalam melatih,” cerita Jenny Yuriko Giselle Nainggolan, peserta didik SDK 1 Penabur, salah satu peserta BSCF 2024 yang tergabung “D’One Choir” dan terdiri dari 42 anggota.

Meskipun ada tantangan di depan mata, Gracia dan Jenny tidak pantang menyerah berlatih bersama teman satu tim. Hal ini dibuktikan lewat penampilan mereka di ajang BSCF 2024. Tidak hanya menghadirkan artistic director profesional, para juri BSCF 2024 juga ahli di bidang paduan suara. Mereka adalah Aning Katamsi, Jessica Fedora Amadea, Joseph Kristianto Pantioso, Sonja Nadja Simanjuntak dan Roni Sugiarto.

“Jaga Kesehatan”

Agustinus berpesan kepada pemenang BSCF 2024 untuk memaknai dan menikmati setiap proses latihan, “Berlatih keras boleh untuk mencapai target yang diharapkan. Namun, jangan lupa jaga kesehatan karena performa yang baik butuh dukungan dari penyanyinya. Selamat berkompetisi di ajang PICF 2024 mendatang,” tuturnya.

Penabur International Choir Festival (PICF) 2024 keempat yang mengusung tema “Enhance your well-being through choral singing” akan kembali digelar BPK PENABUR Jakarta pada 7-14 September, di SPK PENABUR Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. Informasi dan registrasi dapat melalui tautan https://www.picf.or.id/.

Penyelenggaran BSCF 2024 dan PICF 2024 oleh BPK PENABUR Jakarta merupakan salah satu sarana untuk menghasilkan profil lulusan BEST (Be Tough, Excel Worldwide, Share with Society, Trust in God) bagi peserta didiknya, “Ini ditunjukkan lewat proses latihan yang memerlukan kerjakeras menggapai impian. Ketangguhan, kekompakan, tenggang rasa dan kepedulian sesama anggota berperan besar menghasilkan irama suara disertai dengan gerakan nan indah. Keberanian tampil di atas panggung kompetisi dan ditonton ratusan pasang mata turut diasah melalui ajang ini,” tutup Kenny.

Anto

Pemenang BSCF 2024 pada 18-20 April 2024 menerima penghargaan di Aula SMAK Penabur Gading Serpong, Tangerang. Foto: Humas.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *